TUGAS POKOK DAN FUNGSI


Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pembentukan Sekretariat Daerah, Sekretarian DPRD, Dinas Daerah dan Lembaga Teknis Daerah, Kecamatan dan Kelurahan, dan Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karawang dan Peraturan Bupati Karawang Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang, adalah sebagai berikut :

  1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan unsur penyelenggara urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil serta tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah.
  2. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dipimpin ileh kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  3. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian kewenangan daerah dibidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Pemerintah daerah

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana tersebut diatas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan teknis Dinas dan/atau bahan kebijakan daerah dalam hal penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. Pelaksanaan administrasi Dinas sesuai dengan tugasnya; dan
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PENCATATAN SIPIL

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Pencatatan Sipil diatur Peraturan Bupati No 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.Untuk melaksanakan tugas Pokok dan Fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pencatatan Sipil mempunyai uraian tugas ;

  1. Merumuskan perencanaan dan program kerja Bidang Pencatatan Sipil sebagai bahan penyusunan perencanaan dan program Dinas;
  2. Merumuskan bahan kebijakan teknis Dinas dan/atau bahan kebijakan daerah dalam hal pencatatan kelahiran dan kematian, perkawinan dan perceraian serta perubahan status anak dan pewarganegaraan;
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Seksi Pencatatan Kelahiran dan Kematian dan Seksi Pencatatan Perkawinan, Perceraian, Perubahan Satus Anak dan Pewarganegaraan sesuai program kerja yang ditetapkan;
  4. Memimpin, mengarahkan, membina dan mengawasi pelaksanaan tugas Seksi Pencatatan Kelahiran dan Kematian dan Seksi Pencatatan Perkawinan, Perceraian, Perubahan Satus Anak dan Pewarganegaraan sesuai pedoman yang ditetapkan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Seksi Pencatatan Kelahiran dan Kematian dan Seksi Pencatatan Perkawinan, Perceraian, Perubahan Satus Anak dan Pewarganegaraan sebagai bahan perbaikan selanjutnya;
  6. Melaporkan pelaksanaan tugas dan fungsi Bidang Pencatatan Sipil; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan pimpinan sesuaimdengan tugas pokok dan fungsinya.

BIDANG PENDAFTARAN PENDUDUK

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Pendaftaran Penduduk diatur Peraturan Bupati Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi,Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.Untuk melaksanakan tugas Pokok dan Fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pendafatarn Penduduk mempunyai uraian tugas ;

  1. Perumusan bahan kebijakan teknis Dinas dan/atau bahan kebijakan daerah dalam hal identitas penduduk dan pindah datang dan pendataan penduduk;
  2. Pelaksanaan kebijakan teknis Dinas dan/atau kebijakan daerah dalam hal identitas penduduk dan pindah datang dan pendataan penduduk;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dalam hal identitas penduduk dan pindah datang dan pendataan penduduk;
  4. Pelaksanaan administrasi Dinas dalam hal identitas penduduk dan pindah datang dan pendataan penduduk; dan
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

BIDANG PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN 

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan diatur Peraturan Bupati Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Untuk melaksanakan tugas Pokok dan Fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan mempunyai uraian tugas;

  1. Merumuskan perencanaan dan program kerja Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan sebagai bahan penyusunan perencanaan dan program Dinas;
  2. Merumuskan bahan kebijakan teknis Dinas dan/atau bahan kebijakan daerah dalam hal sistem informasi kependudukan serta pengolahan dan penyajian data kependudukan;
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan serta Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan sesuai program kerja yang ditetapkan;
  4. Memimpin, mengarahkan, membina dan mengawasi pelaksanaan tugas Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan serta Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan dan Pewarganegaraan sesuai pedoman yang ditetapkan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan serta Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan sebagai bahan perbaikan selanjutnya;
  6. Melaporkan pelaksanaan tugas dan fungsi Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 


BIDANG PEMANFAATAN DATA DAN INOVASI PELAYANAN

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan diatur Peraturan Bupati Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Untuk melaksanakan tugas Pokok dan Fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan mempunyai uraian tugas;

  1. Merumuskan perencanaan dan program kerja Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan sebagai bahan penyusunan perencanaan dan program Dinas;
  2. Merumuskan bahan kebijakan teknis Dinas dan/atau bahan kebijakan daerah dalam hal pemanfaatan data dan pengolahan dokumentasi kependudukan serta kerjasama dan inovasi pelayanan;
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumentasi Kependudukan serta Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Kependudukan sesuai program kerja yang ditetapkan;
  4. Memimpin, mengarahkan, membina dan mengawasi pelaksanaan tugas Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumentasi Kependudukan serta Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Kependudukan sesuai pedoman yang ditetapkan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumentasi Kependudukan serta Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Kependudukan sebagai bahan perbaikan selanjutnya;
  6. Melaporkan pelaksanaan tugas dan fungsi Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.