Create: 12/03/2016 - 15:59

Jakarta - Kinerja dan kerja keras jajaran Dukcapil seluruh Indonesia kini membuahkan hasil. Kini perekaman data KTP-el secara nasional sudah menembus angka 96 persen. Artinya, warga yang belum melakukan perekaman data KTP-el tersisa 4 persen saja.

Dirjen Dukcapil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., M.Si. memastikan sendiri hal itu. “Hingga saat ini tersisa sekitar 4 persen atau 7,6 juta penduduk yang belum miliki KTP-el”, jelas Ketua DPN Korpri yang juga Plt. Gubernur Gorontalo ini.

Menyinggung terbatasnya blangko KTP-el di seluruh Indonesia akibat gagal lelang beberapa waktu lalu, Prof. Zudan optimis blangko KTP-el akan tersedia kembali pada Januari 2017 mendatang.

Prof. Zudan juga menyampaikan bahwa warga yang belum mendapatkan fisik KTP-el, hak pilih dalam Pilkada 2017 akan tetap ada. Berdasarkan Undang-undang tentang administrasi kependudukan, Surat Keterangan Pengganti KTP-el yang diterbitkan Dinas Dukcapil kabupaten/kota dapat digunakan warga untuk menggunakan hak pilihnya.

“Untuk menghadapi Pilkada ini, warga yang belum miliki KTP-el tidak perlu khawatir, akan diterbitkan surat keterangan, dan itu bisa digunakan pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang”, jelas Prof. Zudan. Selain itu, surat keterangan juga dapat digunakan untuk mendapatkan layanan publik yang lain seperti pengurusan BPJS, SIM, Pasport, dll.

 Atas kinerja dan kerja keras jajaran Dukcapil, Prof. Zudan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota seluruh Indonesia. Selain itu, juga mengajak masyarakat yang belum punya identitas untuk segera melakukan merekam data KTP-el

Tags: 

Tentang kami

dukcapil's picture
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Jl. Surotokunto Km. 7 Kec. Karawang Timur 41311, Phone (0267)8407399, Kab Karawang - Jawa Barat