GAMBARAN UMUM

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karawang dan Peraturan Bupati Karawang Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.

Berdasarkan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang No. 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, memberikan kewenangan kepada Daerah Kota/ Kabupaten untuk mengurus dan memajukan daerah sendiri. Hal ini diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Karawang yang memiliki kewenangan sebagai Penyelenggara Administrasi Kependudukan, meliputi kegiatan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, penyusunan profil kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

Sejalan dengan hal tersebut diatas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang mempunyai tugas menyelengarakan secara operasional sebagian kewenangan Pemerintah Kabupaten Karawang di Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil

Pelaksanaan kebijakan pembangunan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil perlu diketahui hasil akhir setiap bulannya, untuk dapat memastikan kwantitas dan kwalitas penduduk, perkembangan penduduk di Kabupaten Karawang dan juga mengukur Kinerja Aparatur pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.

Dalam upaya mendukung tugas pokok kedinasan sesuai sekala prioritas pembangunan dan alokasi anggaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang 

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mempunyai Tugas Sebagai Berikut :

  1. Perumusan kebijakan teknis Dinas dan/atau bahan kebijakan daerah dalam hal penyelenggaraan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  2. Penyelenggaraan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. Pelaksanaan administrasi Dinas sesuai tugasnya; dan
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.